Powered By Blogger

Rabu, 09 Juni 2010

BEIJING - China menargetkan akan meluncurkan 10 unit pesawat luar angkasanya pada tahun ini secara bertahap. Hal ini harus dilakukan sebagai bentuk unjuk kebolehan militer luar angkasa China.

"Teknologi luar angkasa China telah memasuki tahap yang baru. Desain dan manufaktur satelit kini dapat dibuat dalam waktu yang tidak lama karena dibuat secara lokal sehingga lebih reliable dan mampu bertahan lama," ujar Kepala Badan Teknologi dan Luar Angkasa China Yang Baohua.

Salah satu dari 10 pesawat luar angkasa tersebut adalah Shenzou VII, pesawat yang akan membawa salah satu astronot China untuk menginjakkan kaki di sana. Selain itu masih ada dua satelit lingkungan dan satu satelit komunikasi milik Venezuela. Sebelumnya China berhasil menerbangkan 8 pesawat luar angkasa dalam waktu dua tahun saja.

Langkan ini merupakan salah satu strategi China untuk unjuk kebolehan. Apalagi ditengah meningkatnya ketegangan antara Amerika, China dan Rusia dalam hal 'militarisation of space'. Menyusul tindakan Amerika yang menembakkan satelit rusaknya dengan dalih menyelamatkan diri dari gas beracun. Bahkan Rusia dan China berhasrat untuk membuat peraturan pelarangan hulu ledak apapun di luar angkasa.

Tidak ada komentar: