Powered By Blogger

Kamis, 14 Oktober 2010

penyelamatan penambang di Cile

COPIAPO (SINDO) – Dunia kemarin menyambut keberhasilan penyelamatan 33 penambang Cile yang telah terjebak di dalam tanah selama 69 hari. mereka diangkat bebas melalui kapsul berbentuk roket yang ditarik melalui lubang keluar sedalam 622 meter. Kegembiraan menyeruak di Chile setelah Presiden Sebastian Pinera mengumumkan 33 pekerja tambang yang terperangkap selama 17 hari masih hidup dan dalam keadaan sehat. Pengumuman Pinera menjawab penantian selama berhari-hari di tengah harapan yang mulai menipis.
Semua orang berteriak “Viva Cile”, tersenyum, menangis, dan terlihat lautan bendera nasional merah-putih biru dikibar-kibarkan.
Tim penyelamat membentangkan spanduk berbahasa Spanyol bertuliskan “Misi Selesai” saat seluruh 33 penambang berhasil diangkat ke permukaan tanah. Penyelamat memerlukan total waktu 22 jam untuk mengangkat 33 penambang dari bawah tanah.Proses penyelamatan ini dipimpin langsung oleh presiden mereka yang menjadi roh dalam drama penyelamatan ini dan disaksikan oleh para keluarga penambang yang terperangkap.
Bersamaan dengan itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memuji penyelamatan itu sebagai inspirasi bagi dunia. Malam lalu seluruh dunia menyaksikan di Kamp Esperanza saat penambang pertama diangkat dari bawah tanah sedalam 2.000 kaki, dan lalu dia dipeluk oleh anak dan keluarganya. Air mata mereka tumpah setelah sekian lama terpisah. Kegembiraan itu tidak hanya dirasakan tim penyelamat,tapi juga semua orang di mana pun. Kegembiraan itu juga dirayakan oleh Kedutaan Besar Cile di AS.
Duta Besar Cile di AS Arturo Fermandois sengaja mengundang sekitar 250 orang untuk menonton proses penyelamatan. Mereka bernyanyi dan bersulang saat penambang terakhir berhasil diangkat ke permukaan tanah.
Press TV,milik Pemerintah Iran,menyiarkan proses penyelamatan penambang Cile itu secara langsung hingga Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad tiba di Lebanon dalam lawatan pertamanya ke negara itu. Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron mengirimkan ucapan selamat pada Presiden Cile Sebastian Pinera. Kantor berita China, Xinhua,menulis editorial yang memuji proses penyelamatan, “Penyelamatan itu mencerminkan momen besar kemanusiaan.” Pemerintah Taiwan berencana mengundang 33 penambang Cile itu ke Taipei untuk menghadiri pameran bunga internasional.
Berbagai undangan dari luar negeri mengalir kepada para penambang. Salah satunya dari tim sepak bola Real Madrid dan Manchester United. Keduanya mengundang para penambang yang sebagian besar merupakan mantan pemain dan pencandu sepak bola untuk menonton pertandingan mereka di Eropa. Seorang penyanyi dan pengusaha asal Cile bahkan memberikan setiap penambang uang USD10.000.
Sedangkan pendiri Apple, Steve Jobs, mengirimkan iPod terbaru untuk 33 penambang. Tidak hanya itu,sebuah perusahaan Yunani juga telah menawari para penambang sebuah tur wisata. Sebanyak 33 balon udara berwarna merah-putih-biru diterbangkan ke udara pada malam hari di atas lokasi tambang tempat para penambang berhasil diselamatkan. Balon-balon udara itu menjadi simbol kebebasan para penambang dan kebanggaan rakyat Cile terhadap bangsa mereka.

Tidak ada komentar: